Headlines News :
Home » , , , , » Ternyata, Ada 307 Bahasa di Papua dan Papua Barat

Ternyata, Ada 307 Bahasa di Papua dan Papua Barat

Written By ipmapa malang on Friday, March 4, 2016 | 1:56 AM

Foto : Google
Jayapura,— Bahasa daerah atau bahasa ibu yang ada di Papua ternyata mencapai 307 bahasa.  Artinya, terdapat perbedaan hingga 32 bahasa daerah dibanding dengan data yang selama ini ada.Fakta itu sekaligus memperkokoh posisi  Tanah Papua sebagai daerah yang paling banyak memiliki bahasa daerah dibanding daerah atau suku lain di Indonesia.

Kepala Balai Bahasa Papua dan Papua Barat, Supriyanto Widodo  mengungkapkan, jumlah bahasa daerah itu tersebar di Provinsi Papua dan Papua Barat.
“Ini adalah hasil penelitian tim Balai Bahasa Papua dan Papua Barat pada Tahun 2013 lalu, ternyata teridentifikasi ada 307 bahasa daerah di Tanah Papua,”kata Supriyanto Widodo.


Dijelaskan, dari hasil pengambilan data di 334 kampung  sebagai daerah pengamatan  yang mewakili beberapa bahasa daerah di seluruh Tanah Papua,tim Balai Bahasa kemudian menganilisi  menggunakan metode leksikostatistik dan dialektometri. Hasilnya, ternyata ada 307 bahasa daerah yang digunakan di Tanah Papua.

Menurut Supriyanti,kekayaan yang luar biasa ini harus dijaga dan dilestarikan. Untuk itu, Supriyanto minta kepada para pemimpin di daerah ini, baik Gubernur maupun Bupati atau Walikota se-Papua dan Papua Barat agar menggerakkan program-program yang mengarah kepada terwujudnya ketahanan bahasa daerah dari ancaman pengaruh globalisasi.

“Lokasi yang sangat rawan adalah kampung-kampung yang berada dekat pusat perkotaan, karena pengaruh pencampuran budaya pada lokasi yang berdekatan dengan perkotaan, itu sangat cepat. Hal ini yang kemudian memengaruhi terjadinya pergeseran bahasa, dari bahasa ibu kepada bahasa lain yang umum digunakan,” kata Supriyanto.

Sementara itu, Petrodes Keliduan, antropolog muda dari Universitas Cenderawasih, memberi apresiasi kepada Balai Bahasa Papua dan Papua Barat yang telah bekerja keras sehingga memberikan hasil terbaru terkait jumlah bahasa daerah di Papua yang sebelumnya diketahui hanya berkisar di 275 bahasa daerah.
Menurut  Petrodes  hasil ini bukan saja berguna bagi Balai Bahasa, tetapi akan menjadi data yang berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan di Papua. Juga  akan menjadi data yang berharga bagi para peneliti, baik di kalangan antropologi maupun untuk kalangan lainnya.

“Saya berharap Pemerintah Daerah, terutama para Bupati se-Papua agar duduk bersama membahas metode dan cara yang efektif untuk melindungi ke-307 bahasa daerah ini, agar tidak lenyap dari bumi Papua, kata Supriyato Widodo.

Sumber : Tabloid Jubi
( Aris )
Share this article :

0 komentar:

SPEAK UP YOUR MIND

TELL US WHAT YOU'RE THINKING... !

 
Support : FREE WEST PAPUA | IPMAPA | OPM(Orang Papua Malang)
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. IPMAPA MALANG - All Rights Reserved
Template Design by Mr.YOGIX FWP Published by IPMAPA MALANG RAYA