Headlines News :
Home » , , , , , » Kantong Plastik Berbayar, Saatnya berbelanja Pakai Noken.

Kantong Plastik Berbayar, Saatnya berbelanja Pakai Noken.

Written By ipmapa malang on Thursday, March 3, 2016 | 6:47 AM

Foto : Google


Jayapura___Setelah dikeluarkannya aturan kantong plastik berbayar, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jayapura mengimbau masyarakat untuk menggunakan noken saat hendak berbelanja.
Noken dikatakan tak hanya membantu mengurangi limbah plastik yang semakin banyak, namun juga bisa melestarikan budaya penggunaan noken di kalangan masyarakat Papua.
“Kalau untuk Papua ada perspektif budaya, maka bawalah noken untuk menggantikan plastik,” kata Kepala BLH Kota Jayapura Katty Kailola,
Katty mengakui keputusan pemerintah lewat Kementerian Lingkungan Hidup dalam menerapkan aturan kantong plastik berbayar sudah tepat, karena difokuskan untuk menekan banyaknya limbah plastik.
Dirinya berharap tak cuma noken saja yang dapat digunakan sebagai pengganti plastik, tapi bisa juga menggunakan produk-produk sejenis yang sifatnya dapat menampung barang belanjaan.
“Yang penting di sini ada inovasi semua pihak, seperti inovasi membuat plastik yang ramah lingkungan” katanya.
Sebelumnya, lewat surat edaran bernomor S.1230/ tanggal 17 Februari 2016 yang diterbitkan Ditjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, penggunaan kantong plastik di setiap pusat-pusat perbelanjaan sudah dikenakan biaya sebesar Rp. 200/kantong. (http://www.harianpapua.com)

( Aris )
Share this article :

0 komentar:

SPEAK UP YOUR MIND

TELL US WHAT YOU'RE THINKING... !

 
Support : FREE WEST PAPUA | IPMAPA | OPM(Orang Papua Malang)
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. IPMAPA MALANG - All Rights Reserved
Template Design by Mr.YOGIX FWP Published by IPMAPA MALANG RAYA