Headlines News :
Home » » MAHASISWA & PELAJAR MALANG MERAYAKAN PERAYAAN HUT IPMAPA MALANG KE-34

MAHASISWA & PELAJAR MALANG MERAYAKAN PERAYAAN HUT IPMAPA MALANG KE-34

Written By ipmapa malang on Wednesday, June 11, 2014 | 7:52 AM

Mahasiswa & Pelajar Malang merayakan Perayaan HUT IPMAPA Ke-34. Dimana,  perayaan tersebut diikuti  oleh seluruh mahasiswa Papua dan Papua Barat serta beberapa mahasiswa dari Flores dengan Thema Semangat  34 Tahun IPMAPA Malang. Sub themanya Kita Tingkatkan Jiwa Patriotisme dan Nasionalisme .  Bertempat di Aula Universitas Tribhuwana Tunggadewi  (UNITRI) Malang  pada pukul  17.00 WIT - 21.00 WIT. Perayaan ini  dirayakan tepat pada berdirinya IPMAPA,  yaitu pada tanggal  10 Juni kemaring. (11/06/14).
      Rangkaian acara dalam perayaan ini, sebagai berikut: diawali dengan selingan musik. Selanjutnya doa pembukaan  sekaligus lagu pengantar masuk pada Ibadah singkat. Dilanjutkan dengan pembacaan sejarah singkat berdirinya IPMAPA di Malang. Selanjutnya sambutan-sambutan yang diselingi dengan Pentas  Budaya yang dibawakan oleh Ikatan Pelajar & Mahasiswa Papua Paniai Raya (IPMAPAPARA) mengenai adat istiadat maskawin. Selanjutnya pemotongan kue Ulang Tahun yang diundang  kepada semua ketua atau perwakilan ketua dari paguyuban yang ada di Se-Malang Raya, dan berakhir dengan pembagian-pembagian piala pemenang Turnamen Futsal Putra serta pembagian kado atau penghargaan.
Dari sejarah yang di bacakan perwakilan dari mahasiswi Malang oleh saudari Mega Kristin Erari, IPMAPA terbentuk pada 34 Tahun yang lalu di Malang. Nama ikitan saat itu IPMAIRJA. Nama ikatan IPMAIRJA  dikarenakan saat itu nama Provinsi masih  Irian Jaya. Ikatan ini dibentuk saat itu oleh beberapa senioritas seperti  Bapak Mambrasar dan Bapak Otis. Ikatan ini terbentuk karena ada rasa sama-sama merantau. Dengan terbentuknya ikatan ini, Mahasiswa Papua yang ada di kota study Malang dapat berkumpul jadi satu dan saling mengenal tanpa membedakan. Nama ikatan IPMAIRJA pun diganti menjadi IPMAPA saat nama Irian Jaya diganti menjadi Papua. Dengan berjalannya waktu, Terjadi pula Reorganisasi-reorganisasi yang awal ketuanya adalah Bpk Mambrasar dari tahun 1980-1982. Hingga pada periode saat ini yaitu dari Tahun 2013-2015 yang diketuai oleh saudara Anton Nawipa.
                Dalam perayaan ini, ibadah singkat dibawakan oleh Bapak Pendeta Andy Pahabol. Khotbah kali ini yang di ambil dari Injil Lukan 2;41-42 dan Lukas 5;2, maknanya adalah bagaimana kita dapat meningkatkan jiwa Patriotisme dan Nasionalisme dari jiwa yang kita miliki. Mulai dari yang kecil hingga hal yang besar.  Sebagai contoh orang berjiwa patriot adalah senioritas kita. Mereka sudah menujukkan buktinya bahwa mereka sudah menjalankan dan mempertahankan hingga kini. Jiwa patriot adalah jiwa semangat, patriot, punya nilai semangat.”Lanjut Pendeta Pahabol.
Didalam Lukas 20;40, mengartikan bahwa Yesus menunjukkan pribadinya berdiri membangun dan menyelamatkan. Kita saat ini berada di rumah orang, di Tanah Jawa ini. Mari kita menunjukkan rasa patriotisme. Terpenting bagaimana kita hidup untuk sesama  atau orang dan yang terlebihnya hidup untuk Tuhan.“lanjutannya.
Di dalam sambutan, pertama disampaikan oleh ketua Pelaksana HUT IPMAPA Malang, saudara , Yusuf V Tatoriam. Saya mahasiswa baru angkatan 2013. Masih pada tahap penyesuaian. Apabila ada kekurangan, kami panitia mohon maaf.  uang pengeluaran dalam acara perayaan ini sekitar  Rp. 5.000.000,00 dari beberapa pencarian dana maupun dari uang iuran.
Kami mengharapkan Untuk kedepan agar tetap memberikan kado atau penghargaan kepada mereka yang selalu berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang akan maupun sudah kita jalankan, agar kita semua tetap berpartisipasi didalamnya.”Lanjut Ketua Pelaksana HUT ke-34 saat memberikan kado atau penghargaan.
                Lanjut sambutan dari Polsek Lowokwaru, Bapak  Kuswara. Saya baru 2 minggu di Malang. Tepatnya di Polsek Lowokwaru.  Kalian datang jauh-jauh dari Papua untuk menimbah ilmu dan kembali membangun Papua. Itulah harapan anda dan orang tua. Saya tahu kalian.” Lanjut Pak Kuswara yang pernah tinggal dan lama di Papua sejak Tahun 1982 itu. Otak saya sama dengan kalian. Bedanya hanya saya rambut lurus. Untuk itu, saya mohon kita di sini tetap menjaga keamanan dan kita menjaga adat orang jawa di sini. Saya tau kalian teman-teman yang berjiwa kemanusian.’ Lanjutannya.
Sesuai Thema yang sudah ada, kita harus mengambil contoh dari senior-senior yang sudah selesai dari sini. Seperti yang di katakan Bapak Pendeta tadi. Saya mohon juga teman-teman  untuk tetap menjaga dan saling menghargai satu sama lain. Baik itu, Jawa, Ambon, Flores, dll.”ujar Pak Kuswara.

                Kita disini harus belajar menjadi seorang yang patriot. Bukan patriot yang negatif, tetapi tanpa membedakan kita memantapkan diri kita untuk kembali membangun Papua. (Senioritas Malang, Bapak Stefanus Pakage). Lanjut Ketua IPMAPA, saya hanya mau sampaikan bahwa ikatan kita ini sudah tua, sudah berumur 34 Tahun. (IPMAPA/ Salmon Pekei_BEKO)
Share this article :

0 komentar:

SPEAK UP YOUR MIND

TELL US WHAT YOU'RE THINKING... !

 
Support : FREE WEST PAPUA | IPMAPA | OPM(Orang Papua Malang)
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. IPMAPA MALANG - All Rights Reserved
Template Design by Mr.YOGIX FWP Published by IPMAPA MALANG RAYA